TEHNIK TANGAN KIRI
1. HAMMER ON (H)
Tenik ini dimainkan dengan cara jari kiri menekan pada fretboard (_), dibunyikan dengan jari kanan lalu dengan tangan kiri yang pertama masih menekan pada fretboard, tangan kiri lainnya menekan fretboard (dengan nada yang lebih tinggi) tanpa dibunyikan dengan jari kanan (_).
Simbol dari tehnik ini adalah "H".
Dibawah ini adalah latihan dari Hammer On.
--------|----1----|--------|----3----|--------|----------- senar 1
--------|----1----|--------|----3----|--------|----------- senar 2
--------|----1----|--------|----3----|--------|----------- senar 3
--------|----1----|--------|----3----|--------|----------- senar 4
Latih secara berurut mulai dari senar 1 sampai ke senar 4. Lalu turun lagi ke senar 1. Latih dengan tempo yang perlahan terlebih dahulu. Kemudian tempo di percepat. Seberapa cepat tempo anda hari ini, cobalah untuk lebih cepat lagi esok hari. Berikut ini adalah bentuk fingering yang bisa dilatih:
1 : Telunjuk
2 : Tengah
3 : Manis
4 : Kelingking
Latihan dengan kombinasi jari: 1 - 2 2 - 3 3 - 4
1 - 3 2 - 4
1 - 4
2. PULL OFF (PO)
Tehnik ini adalah kebalikan dari tehnik Hammer On. Menekan senar dengan menggunakan jari kiri: tengah, manis atau kelingking (_). Lalu dibunyikan, kemudian jari kiri pertama tersebut diangkat dan jari kiri kedua menekan senar dengan nada yang lebih rendah tanpa dibunyikan lagi oleh jari kanan (_).
--------|----1----|--------|----3----|--------|----------- senar 1
--------|----1----|--------|----3----|--------|----------- senar 2
--------|----1----|--------|----3----|--------|----------- senar 3
--------|----1----|--------|----3----|--------|----------- senar 4
Latihlah dengan kombinasi jari kiri seperti pada latihan Hammer On.
3. HAMMER ATTACK (HA).
Tehnik ini dimainkan dengan menekan sebuah jari kiri pada fretboard dengan tenaga yang cukup sehingga menghasilkan nada tanpa dibunyikan oleh tangan kanan. Latihlah dengan mengkombinasikan jari-jari kiri anda sampai tangan kiri anda merasa cukup lelah.
4. CROSS HAMMER.
Gunakan jari kiri anda untuk menekan fretboard, kemudian dibunyikan dengan jari kanan (_), lalu jari kiri yang kedua membunyikan senar lain dengan tehnik Hammer Attack (_).
--------|---------|--------|----3----|--------|----------- senar 1
--------|---------|--------|---------|--------|----------- senar 2
--------|----1----|--------|---------|--------|----------- senar 3
--------|---------|--------|---------|--------|----------- senar 4
Latihlah dengan mengkombinasikan jari anda, dengan senar yang berbeda, lalu coba berjalan secara chromatic ke arah body bass.
5. SLIDE (/s)
Tehnik ini digunakan dengan cara jari kiri menekan sebuah nada pada fretboard, lalu dibunyikan dengan jari kanan, kemudian jari kiri tersebut (dengan tetap menekan senar ke fretboard) digeser kearah body atau ke arah head sesuai dengan nada yang dituju.
--------|---------|--------|---------|--------|----------- senar 1
--------|---------|--------|---------|--------|----------- senar 2
--------|---------|--------|---------|--------|----------- senar 3
--------|----1----|--------|----3----|--------|----------- senar 4
======>
S
6. VIBRATO
Tehnik ini dimainkan dengan cara satu jari kiri menekan senar ke fretboard dan dibunyikan, lalu senar dibengkokkan secara vertikal ke arah atas dan bawah secara berulang-ulang dengan cepat. Suara yang dihasilkan adalah suara yang bergelombang.
7. VIBRATO SHAKE
Tehnik ini dimainkan dengan cara jari kiri menekan senar ke fretboard dan dibunyikan, lalu jari ini memainkan tehnik slide ke arah kanan keluar dari fret pertama kemudian di slide masuk kembali ke fret pertama lalu keluar ke arah kiri dari fret pertama. Proses ini dilakukan dengan cepat dan berulang-ulang. Tehnik ini enak dimainkan saat melakukan solo dengan scale Blues.
8. BEND
Tehnik ini dimainkan dengan cara jari kiri menekan senar ke fretboard dan dibunyikan, kemudian jari tersebut membengkokkan senar ke arah kepala atau ke arah kaki sambil menekan senar tersebut. Tehnik ini lebih mudah dilakukan apabila tiga jari kiri menekan senar yang sama kemudian membengkokkannya. Lebih mudah lagi apabila dilakukan dengan ibu jari kiri mencengkeram neck dan tiga jari menekan senar yang sama kemudian membengkokkannya. Hasilnya adalah nada pertama akan naik sampai semitone atau bahkan wholetone.
9. THRILL
Tehnik ini dimainkan dengan melakukan tehnik Hammer On lalu tehnik Pull Off secara bergantian dengan cepat. Jari kanan hanya sekali saja membunyikan senar. Anda harus menemukan momen yang tepat untuk melakukan tehnik ini. Suara yang dihasilkan adalah suara yang naik turun secara cepat sehingga menimbulkan efek gelombang.
10. HARMONIC
Tehnik ini dilakukan dengan cara menempelkan (tanpa menekan) senar pada titik-titik tertentu di fretboard. Agar mendapatkan suara harmonic yang lebih jelas, tempatkan tangan kanan lebih dekat ke bridge. Tehnik ini banyak di gunakan untuk menyetem senar-sanar bass. Juga bisa dimainkan pada saat-saat solo bass.
11. BARRING
Tehnik ini dilakukan dengan cara menekan beberapa senar dengan hanya menggunakan satu jari. (biasa dikombinasikan dengan tehnik double stop ataupun raking). Tehnik ini berguna untuk mempercepat fingering dalam memainkan sebuah bass line.
12. LEFT HAND MUTE
Tehnik ini berguna untuk menghentikan nada dengan cara menempatkan keempat jari kiri ke fretboard tanpa menekannya, jadi hanya menyentuhnya saja.
13. LEFT HAND GHOST NOTE
Tehnik ini dilakukan dengan cara jari telunjuk melintasi 3 senar dengan hanya menyentuh tanpa menekan, lalu ketiga jari kiri menampar ke empat senar tanpa menghasilkan suatu nada. Nada yang akan tercipta itu hanyalah nada mati (dead note/ghost note).
TEHNIK TANGAN KANAN
1. APOYANDO
Tehnik ini adalah tehnik yang paling sering di gunakan oleh pemain bass. Yaitu tehnik memetik senar dengan jari telunjuk dan jari tengah. Jari-jari ini paling banyak digunakan karena jari-jari ini sejajar dengan tulang lengan, yang artinya jari-jari ini lebih kuat dari jari-jari lainnya.
2. PLAYING WITH PICK
Tehnik ini adalah tehnik memetik senar dengan menggunakan pick secara up dan down. Suara yang di hasilkan cukup khas. Dan sangat cocok digunakan untuk jenis irama musik Rock, Heavy Metal, dll.
3. PICKING WITH THE THUMB
Tehnik ini adalah tehnik memetik senar dengan ibu jari (jempol).
4. FINGERS PICKING
Tehnik ini adalah tehnik memetik senar dengan mengkombinasikan ibu jari, telunjuk dan manis (bahkan kelingking). Biasanya tangan kiri akan membentuk sebuah chord atau arpeggio, agar bisa dilanjutkan dengan tehnik ini.
5. DAMPENING
Tehnik ini dilakukan dengan cara menaruh bantalan telapak tangan kanan pada senar-senar di dekat bridge. Kemudian dibunyikan dengan atau tanpa pick. Tehnik ini biasa di pakai di irama Heavy Metal, Rock ataupun Reggae.
6. SINGLE FINGER FLICKING
Tehnik ini biasa memakai jari telunjuk dan dilakukan dengan cara memetik senar dari bawah (arah kaki) ke arah atas (kepala), lalu jari tersebut memetik dari dalam senar dengan menggunakan kuku ke arah luar (arah kaki). Dilakukan secara berulang-ulang.
7. STRUMMING
Tehnik ini sama caranya seperti kita memainkan gitar akustik (mengocok gitar/senar). Hanya saja perlu diperhatikan saat kita menggunakan tehnik ini frekwensi bass tidak terlalu low. Bisa dilakukan dengan cara menyetel frekuensi pada alat kita maupun dengan cara tangan kiri menekan chord pada nada-nada yang tinggi.
Strumming ke atas dilakukan dengan jari-jari tangan kanan. Sedangkan strumming ke bawah di lakukan dengan kuku jari-jari tangan kanan.
8. DOUBLE STOPS
Tehnik ini dilakukan dengan cara membunyikan dua senar secara bersamaan. Biasa dilakukan dengan menggunakan jari telunjuk dan tengah (biasa dipadukan dengan tehnik pop).
9. RAKING
Adalah tehnik membunyikan senar dari senar yang lebih tinggi nadanya lalu dilanjutkan dengan membunyikan senar yang lebih rendah nadanya dengan hanya menggunakan satu jari. Tehnik ini mempercepat petikan, dari pada petikan yang melibatkan dua jari tangan kanan. Tehnik ini biasanya hanya sesekali digunakan.
10. SLAP
Tehnik ini dilakukan dengan cara memukul senar dengan ibu jari yang menggunakan bagian luar sebelah kiri dari ibu jari, kemudian ibu jari membal ke arah luar. Suara yang di hasilkan dari tehnik ini akan menimbulkan efek perkusi.
11. SLAP WOOD
Tehnik ini dilakukan dengan cara memukul senar dengan 3 atau 4 jari sekaligus. Dengan menggunakan ruas-ruas jari dari tangan kanan. biasanya tangan kiri membentuk chord.
12. POP
Tehnik ini adalah tehnik membunyikan senar dengan cara jari tangan kanan (biasa jari telunjuk dan tengah). Memetik senar dari arah dalam (bawah) senar ke arah luar lalu melepaskan senar tersebut. Benturan dari senar ke fretboard yang akan menimbulkan suara perkusi yang khas dari pop.
13. POPPING EFFECT WITH THE THUMB
Tempatkan jempol anda di bawah senar E, tarik ke arah luar seperti tehnik pop, kemudian lepaskan. Tehnik ini menimbulkan suara perkusi yang berbeda dari Pop.
14. THUMB PLUCK
Tehnik ini dilakukan seperti melakukan tehnik Pop. Bedanya adalah tehnik ini dilakukan dengan menggunakan ibu jari (jempol). Baik itu menggunakan daging dalam dari ibu jari (daging) maupun dengan menggunakan bagian luar dari ibu jari (kuku). Tehnik ini biasanya dilakukan setelah menggunakan tehnik slap.
15. TAPING
Tehnik ini merupakan tehnik khusus yang kebanyakan terinspirasi dari seorang gitaris Jazz yang bernama Stanley Jordan. Taping dilakukan dengan cara menekan senar pada fretboard dengan tangan kanan. Seperti tehnik Hammer Attack. Bedanya adalah kalau tehnik ini dilakukan dengan jari kiri. Taping bisa di bedakan menjadi: Taping Horizontal, Taping Vertikal dan Taping Independen.
16. RIGHT HAND DOUBLE STOP
Tehnik ini menggunakan double stops yang dilakukan dengan tangan kanan.
17. BLOCK CHORDS
Tehnik ini adalah tehnik taping dengan menggunakan tiga jari (Complete Chord).
18. CROSS TAPPING
Tehnik ini dilakukan dengan cara, tangan kiri melakukan tehnik Hammer Attack di neck dekat body. Sedangkan tangan kanan melakukan tehnik Taping di neck dekat head.
19. PINCH HARMONIC
Tehnik ini mirip dengan tehnik harmonic. Bedanya adalah tehnik ini dilakukan dengan cara-cara seperti berikut:
* Letakkan jempol tangan kanan di senar (bukan di neck tapi di dekat pick up) dan kemudian sementara jempol menempel di senar, jari-jari kanan lainnya memetik senar.
* Kelingking tangan kanan menempel pada senar dan kemudian senar tersebut di bunyikan dengan menggunakan jari-jari tangan kanan lainnya tanpa melepas kelingking yang menempel di senar yang akan dibunyikan.
* Letakkan bantalan tangan kanan anda (telapak) yang sejajar dengan kelingking pada senar (hanya di tempel, tanpa ditekan), lalu jari jempol dan telunjuk tangan kanan membentuk gerakan mencubit senar. Sebagai catatan bahwa tehnik ini adalah tehnik yang susah untuk dilakukan, jadi harus terus di latih sampai terdengar suara harmonic nya.
Untuk mencapai hasil yang maksimal dari permainan bass, kita harus pintar mengkombinasi bermacam-macam tehnik ini. Cobalah latih tehnik-tehnik ini dengan menggunakan Major Scale.
1. HAMMER ON (H)
Tenik ini dimainkan dengan cara jari kiri menekan pada fretboard (_), dibunyikan dengan jari kanan lalu dengan tangan kiri yang pertama masih menekan pada fretboard, tangan kiri lainnya menekan fretboard (dengan nada yang lebih tinggi) tanpa dibunyikan dengan jari kanan (_).
Simbol dari tehnik ini adalah "H".
Dibawah ini adalah latihan dari Hammer On.
--------|----1----|--------|----3----|--------|----------- senar 1
--------|----1----|--------|----3----|--------|----------- senar 2
--------|----1----|--------|----3----|--------|----------- senar 3
--------|----1----|--------|----3----|--------|----------- senar 4
Latih secara berurut mulai dari senar 1 sampai ke senar 4. Lalu turun lagi ke senar 1. Latih dengan tempo yang perlahan terlebih dahulu. Kemudian tempo di percepat. Seberapa cepat tempo anda hari ini, cobalah untuk lebih cepat lagi esok hari. Berikut ini adalah bentuk fingering yang bisa dilatih:
1 : Telunjuk
2 : Tengah
3 : Manis
4 : Kelingking
Latihan dengan kombinasi jari: 1 - 2 2 - 3 3 - 4
1 - 3 2 - 4
1 - 4
2. PULL OFF (PO)
Tehnik ini adalah kebalikan dari tehnik Hammer On. Menekan senar dengan menggunakan jari kiri: tengah, manis atau kelingking (_). Lalu dibunyikan, kemudian jari kiri pertama tersebut diangkat dan jari kiri kedua menekan senar dengan nada yang lebih rendah tanpa dibunyikan lagi oleh jari kanan (_).
--------|----1----|--------|----3----|--------|----------- senar 1
--------|----1----|--------|----3----|--------|----------- senar 2
--------|----1----|--------|----3----|--------|----------- senar 3
--------|----1----|--------|----3----|--------|----------- senar 4
Latihlah dengan kombinasi jari kiri seperti pada latihan Hammer On.
3. HAMMER ATTACK (HA).
Tehnik ini dimainkan dengan menekan sebuah jari kiri pada fretboard dengan tenaga yang cukup sehingga menghasilkan nada tanpa dibunyikan oleh tangan kanan. Latihlah dengan mengkombinasikan jari-jari kiri anda sampai tangan kiri anda merasa cukup lelah.
4. CROSS HAMMER.
Gunakan jari kiri anda untuk menekan fretboard, kemudian dibunyikan dengan jari kanan (_), lalu jari kiri yang kedua membunyikan senar lain dengan tehnik Hammer Attack (_).
--------|---------|--------|----3----|--------|----------- senar 1
--------|---------|--------|---------|--------|----------- senar 2
--------|----1----|--------|---------|--------|----------- senar 3
--------|---------|--------|---------|--------|----------- senar 4
Latihlah dengan mengkombinasikan jari anda, dengan senar yang berbeda, lalu coba berjalan secara chromatic ke arah body bass.
5. SLIDE (/s)
Tehnik ini digunakan dengan cara jari kiri menekan sebuah nada pada fretboard, lalu dibunyikan dengan jari kanan, kemudian jari kiri tersebut (dengan tetap menekan senar ke fretboard) digeser kearah body atau ke arah head sesuai dengan nada yang dituju.
--------|---------|--------|---------|--------|----------- senar 1
--------|---------|--------|---------|--------|----------- senar 2
--------|---------|--------|---------|--------|----------- senar 3
--------|----1----|--------|----3----|--------|----------- senar 4
======>
S
6. VIBRATO
Tehnik ini dimainkan dengan cara satu jari kiri menekan senar ke fretboard dan dibunyikan, lalu senar dibengkokkan secara vertikal ke arah atas dan bawah secara berulang-ulang dengan cepat. Suara yang dihasilkan adalah suara yang bergelombang.
7. VIBRATO SHAKE
Tehnik ini dimainkan dengan cara jari kiri menekan senar ke fretboard dan dibunyikan, lalu jari ini memainkan tehnik slide ke arah kanan keluar dari fret pertama kemudian di slide masuk kembali ke fret pertama lalu keluar ke arah kiri dari fret pertama. Proses ini dilakukan dengan cepat dan berulang-ulang. Tehnik ini enak dimainkan saat melakukan solo dengan scale Blues.
8. BEND
Tehnik ini dimainkan dengan cara jari kiri menekan senar ke fretboard dan dibunyikan, kemudian jari tersebut membengkokkan senar ke arah kepala atau ke arah kaki sambil menekan senar tersebut. Tehnik ini lebih mudah dilakukan apabila tiga jari kiri menekan senar yang sama kemudian membengkokkannya. Lebih mudah lagi apabila dilakukan dengan ibu jari kiri mencengkeram neck dan tiga jari menekan senar yang sama kemudian membengkokkannya. Hasilnya adalah nada pertama akan naik sampai semitone atau bahkan wholetone.
9. THRILL
Tehnik ini dimainkan dengan melakukan tehnik Hammer On lalu tehnik Pull Off secara bergantian dengan cepat. Jari kanan hanya sekali saja membunyikan senar. Anda harus menemukan momen yang tepat untuk melakukan tehnik ini. Suara yang dihasilkan adalah suara yang naik turun secara cepat sehingga menimbulkan efek gelombang.
10. HARMONIC
Tehnik ini dilakukan dengan cara menempelkan (tanpa menekan) senar pada titik-titik tertentu di fretboard. Agar mendapatkan suara harmonic yang lebih jelas, tempatkan tangan kanan lebih dekat ke bridge. Tehnik ini banyak di gunakan untuk menyetem senar-sanar bass. Juga bisa dimainkan pada saat-saat solo bass.
11. BARRING
Tehnik ini dilakukan dengan cara menekan beberapa senar dengan hanya menggunakan satu jari. (biasa dikombinasikan dengan tehnik double stop ataupun raking). Tehnik ini berguna untuk mempercepat fingering dalam memainkan sebuah bass line.
12. LEFT HAND MUTE
Tehnik ini berguna untuk menghentikan nada dengan cara menempatkan keempat jari kiri ke fretboard tanpa menekannya, jadi hanya menyentuhnya saja.
13. LEFT HAND GHOST NOTE
Tehnik ini dilakukan dengan cara jari telunjuk melintasi 3 senar dengan hanya menyentuh tanpa menekan, lalu ketiga jari kiri menampar ke empat senar tanpa menghasilkan suatu nada. Nada yang akan tercipta itu hanyalah nada mati (dead note/ghost note).
TEHNIK TANGAN KANAN
1. APOYANDO
Tehnik ini adalah tehnik yang paling sering di gunakan oleh pemain bass. Yaitu tehnik memetik senar dengan jari telunjuk dan jari tengah. Jari-jari ini paling banyak digunakan karena jari-jari ini sejajar dengan tulang lengan, yang artinya jari-jari ini lebih kuat dari jari-jari lainnya.
2. PLAYING WITH PICK
Tehnik ini adalah tehnik memetik senar dengan menggunakan pick secara up dan down. Suara yang di hasilkan cukup khas. Dan sangat cocok digunakan untuk jenis irama musik Rock, Heavy Metal, dll.
3. PICKING WITH THE THUMB
Tehnik ini adalah tehnik memetik senar dengan ibu jari (jempol).
4. FINGERS PICKING
Tehnik ini adalah tehnik memetik senar dengan mengkombinasikan ibu jari, telunjuk dan manis (bahkan kelingking). Biasanya tangan kiri akan membentuk sebuah chord atau arpeggio, agar bisa dilanjutkan dengan tehnik ini.
5. DAMPENING
Tehnik ini dilakukan dengan cara menaruh bantalan telapak tangan kanan pada senar-senar di dekat bridge. Kemudian dibunyikan dengan atau tanpa pick. Tehnik ini biasa di pakai di irama Heavy Metal, Rock ataupun Reggae.
6. SINGLE FINGER FLICKING
Tehnik ini biasa memakai jari telunjuk dan dilakukan dengan cara memetik senar dari bawah (arah kaki) ke arah atas (kepala), lalu jari tersebut memetik dari dalam senar dengan menggunakan kuku ke arah luar (arah kaki). Dilakukan secara berulang-ulang.
7. STRUMMING
Tehnik ini sama caranya seperti kita memainkan gitar akustik (mengocok gitar/senar). Hanya saja perlu diperhatikan saat kita menggunakan tehnik ini frekwensi bass tidak terlalu low. Bisa dilakukan dengan cara menyetel frekuensi pada alat kita maupun dengan cara tangan kiri menekan chord pada nada-nada yang tinggi.
Strumming ke atas dilakukan dengan jari-jari tangan kanan. Sedangkan strumming ke bawah di lakukan dengan kuku jari-jari tangan kanan.
8. DOUBLE STOPS
Tehnik ini dilakukan dengan cara membunyikan dua senar secara bersamaan. Biasa dilakukan dengan menggunakan jari telunjuk dan tengah (biasa dipadukan dengan tehnik pop).
9. RAKING
Adalah tehnik membunyikan senar dari senar yang lebih tinggi nadanya lalu dilanjutkan dengan membunyikan senar yang lebih rendah nadanya dengan hanya menggunakan satu jari. Tehnik ini mempercepat petikan, dari pada petikan yang melibatkan dua jari tangan kanan. Tehnik ini biasanya hanya sesekali digunakan.
10. SLAP
Tehnik ini dilakukan dengan cara memukul senar dengan ibu jari yang menggunakan bagian luar sebelah kiri dari ibu jari, kemudian ibu jari membal ke arah luar. Suara yang di hasilkan dari tehnik ini akan menimbulkan efek perkusi.
11. SLAP WOOD
Tehnik ini dilakukan dengan cara memukul senar dengan 3 atau 4 jari sekaligus. Dengan menggunakan ruas-ruas jari dari tangan kanan. biasanya tangan kiri membentuk chord.
12. POP
Tehnik ini adalah tehnik membunyikan senar dengan cara jari tangan kanan (biasa jari telunjuk dan tengah). Memetik senar dari arah dalam (bawah) senar ke arah luar lalu melepaskan senar tersebut. Benturan dari senar ke fretboard yang akan menimbulkan suara perkusi yang khas dari pop.
13. POPPING EFFECT WITH THE THUMB
Tempatkan jempol anda di bawah senar E, tarik ke arah luar seperti tehnik pop, kemudian lepaskan. Tehnik ini menimbulkan suara perkusi yang berbeda dari Pop.
14. THUMB PLUCK
Tehnik ini dilakukan seperti melakukan tehnik Pop. Bedanya adalah tehnik ini dilakukan dengan menggunakan ibu jari (jempol). Baik itu menggunakan daging dalam dari ibu jari (daging) maupun dengan menggunakan bagian luar dari ibu jari (kuku). Tehnik ini biasanya dilakukan setelah menggunakan tehnik slap.
15. TAPING
Tehnik ini merupakan tehnik khusus yang kebanyakan terinspirasi dari seorang gitaris Jazz yang bernama Stanley Jordan. Taping dilakukan dengan cara menekan senar pada fretboard dengan tangan kanan. Seperti tehnik Hammer Attack. Bedanya adalah kalau tehnik ini dilakukan dengan jari kiri. Taping bisa di bedakan menjadi: Taping Horizontal, Taping Vertikal dan Taping Independen.
16. RIGHT HAND DOUBLE STOP
Tehnik ini menggunakan double stops yang dilakukan dengan tangan kanan.
17. BLOCK CHORDS
Tehnik ini adalah tehnik taping dengan menggunakan tiga jari (Complete Chord).
18. CROSS TAPPING
Tehnik ini dilakukan dengan cara, tangan kiri melakukan tehnik Hammer Attack di neck dekat body. Sedangkan tangan kanan melakukan tehnik Taping di neck dekat head.
19. PINCH HARMONIC
Tehnik ini mirip dengan tehnik harmonic. Bedanya adalah tehnik ini dilakukan dengan cara-cara seperti berikut:
* Letakkan jempol tangan kanan di senar (bukan di neck tapi di dekat pick up) dan kemudian sementara jempol menempel di senar, jari-jari kanan lainnya memetik senar.
* Kelingking tangan kanan menempel pada senar dan kemudian senar tersebut di bunyikan dengan menggunakan jari-jari tangan kanan lainnya tanpa melepas kelingking yang menempel di senar yang akan dibunyikan.
* Letakkan bantalan tangan kanan anda (telapak) yang sejajar dengan kelingking pada senar (hanya di tempel, tanpa ditekan), lalu jari jempol dan telunjuk tangan kanan membentuk gerakan mencubit senar. Sebagai catatan bahwa tehnik ini adalah tehnik yang susah untuk dilakukan, jadi harus terus di latih sampai terdengar suara harmonic nya.
Untuk mencapai hasil yang maksimal dari permainan bass, kita harus pintar mengkombinasi bermacam-macam tehnik ini. Cobalah latih tehnik-tehnik ini dengan menggunakan Major Scale.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar